Borneo dalam 6 hari

Ah akhirnya, kaki ini sukses menginjak di tanah Borneo. Sebelumnya, semua tempat baru selalu didatangi pertama kali dengan keluarga rombongan sikrus, bapak-ibu-Azhra-Rizhqa. Untuk kali ini pertama kali tidak dengan rombongan sirkus, namun tetap keluarga, K52 Anti Biasa.

Sebenernya rada munafik kalo bilang nggak terasa sudah 3 tahun kuliah. Tapi ya tetep aja rasanya cepat berlalu, tiba tiba semester 6 selesai. Tiba tiba harus lunasin urunan Study Excursion. Yes, study excursion di jurusan Teknik Kimia untuk S1 reguler dilaksanakan setelah semester 6 usai. Tujuannya beragam, mengikuti kehendak angkatan ybs (dan dana yang terkumpul). Angkatan K52 memutuskan Borneo jadi tujuan destinasi SE, tepatnya Balikpapan-Bontang-Sangatta. Fyi, SE ke Borneo terakhir dilakukan oleh mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2002 (K42), artinya 10 tahun yang lalu. Pantaslah ya bangga dikit hahaha

Selama di sana, kunjungan pabrik dilakukan ke perusahaan ternama. Utamanya orang Teknik Kimia pasti pahamlah seberapa beken nama perusahaan berikut : Pertamina Refinery Unit V Balikpapan, PT Pupuk Kaltim Bontang, Badak LNG Bontang, PT Kaltim Prima Coal Sangatta. Dalam SE ini akhirnya segala teori yang disampaikan dosen di kelas terlihat wujud aslinya. Ketika di kelas bentuk furnace, reaktor, heat exchanger, dsb hanya berupa persegi panjang (vertikal maupun horizontal), nyatanya pada wujud asli mempunyai berbagai macam bentuk dan ukuran.

6 hari yang Anti Biasa. Sangat berkesan dan pantas dikenang. Sukses membuat beberapa dari K52 akhirnya naik pesawat. Sukses membuat beberapa K52 akhirnya menginjakkan kaki di Daratan Borneo. Sukses membuat K52 jauuh lebih mengenal satu sama lain. Tak lupa sukses membuat perut membuncit dan jarum timbangan bergeser ke kanan.

Terima kasih, Borneo, atas segala kenangan indahnya.. Kecuali terang bulan coklat keju tujuh-puluh-ribu, yang di Jawa 15ribu aja dapet.
Semoga bukan yang terakhir. Semoga bisa kembali meski dalam rangka berbeda 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s