K52 buka cabang (baru)

Bagi yang pernah kuliah jurusan apapun di ITS, atau sekadar dengar desas desus, pasti sedikit banyak paham gimana kisah tahun pertamanya. Terserahlah dibilang ‘sudah ngga sengeri dulu’, ‘perploncoan’, ‘kuno’, ‘alay’, dan lain sebagainya. Nyatanya, itu salah satu titik awal kedekatan saya dengan angkatan, K52 – Teknik Kimia ITS 2012.

Jargon Anti Biasa menjadi identitas K52 yang berdiri atas dasar kebebasan. 156 orang terpilih, yang akhirnya memiliki cabang di banyak tempat. Ada yang di Jepang, di NTU Singapura, di UI, IPB, ITB, bahkan ada yang kelak jadi dokter angkatan dari UNS dan UNAIR. Bukan hanya itu, dari 156 ini, ada 20 saudara dari ITK.

Sudah pernah dengar ITK – Institut Teknologi Kalimantan? Perguruan tinggi di Balikpapan yang jadi ‘adiknya’ ITS itu. 2012 menjadi angkatan pertama ITK. Seluruh mahasiswanya sekolah bersama di ITS. Hingga akhirnya, surat itu diterbitkan … Mereka, teman-teman ITK yang bagai saudara itu diminta untuk kembali ke Kalimantan. Setelah 3 tahun bersama, jelaslah kepergian itu berat bagi kami.

Perpisahan digelar bersamaan dengan syukuran 2nd Anniversary K52. Jumat lalu, 29 Mei 2015. Menjadi momen yang penuh kenangan dan sangat berharga. Emosi sukses diaduk, dengan tangis-tawa-tangis-tawa-lanjut terus sampai muka tak layak depan kamera.

Doa kami panjatkan, segala syukur terucap. Segala halang rintang, nyatanya sanggup terlalui bersama 3 tahun, 2 tahun semenjak K52 lahir. Harapan tak lupa kami tuliskan. Ya, harapan bukan hanya sekadar di angan saja. Secarik kertas dibagikan, dengan nama terang dan tanda tangan, kami menjawab 3 pertanyaan : 1. Mau jadi apa 10 tahun lagi? 2. Siapa K52 yang nikah duluan? 3. Nanti nikah sama siapa? … Konyol? Ya memang, angkatan kami kan banyak konyolnya 😀 Ketiga pertanyaan itu datang ketiga koor acara melempar issue di grup line angkatan. Eh ya kok 3 itu yang pertama muncul dan jadi pilihan mayoritas. Secarik kertas itu lalu dilipat dan masuk dalam tabung pipa, kemudian ditanam. Inilah Time Capsule, yang 10 tahun lagi akan dibuka, sebagai bagian dari syukuran 12th Anniversary K52 kelak.

Pribadi, kehilangan itu ada. Entah setitik ataupun sebelanga. Ketika tak ada lagi seseorang yang bisa kami juluki Tante dan dirinya rela begitu saja. Ketika tak ada lagi seseorang yang naik motor matic kurang dari 500 meter harus ditempuh hampir setengah jam. Ketika tak ada lagi seseorang, bahkan sekelompok, yang rela berjuang dalam PC Games mewakili angkatan di Chemical Games tahunan. Ketika tak ada lagi seseorang yang senantiasa datang bahkan 3 jam sebelum kuis, demi menempel sticky notes di kursi sebagai tanda itu tempatnya, juga kami. Ketika tak ada lagi seseorang, yang setiap hari menggunakan jaket yang sama untuk kuliah. Ketika tak ada lagi seseorang, yang dengan gembira menabuh kajoon mengiringi nyanyian. Ketika tak ada lagi seseorang, yang rela dipanggil Pak Tua, memotret tiap gerak gerik angkatan. Ketika tak ada lagi seseorang, yang ikhlas menjadi tim perlengkapan, sejak dulu maba hingga akhirnya koordinator. Ketika tak ada lagi seseorang, yang dalam tidur dan celotehnya tetap mendengarkan dosen, bertanya, dan menghasilkan IP gemilang. Ah, sungguh, terlalu banyak kenangan indah bersama 20 special person itu. Terlalu manis untuk dilupakan, meski kadang sakit dikenang.

Dear Friends, 20 saudara – yang jauh namun dekat, nyatanya waktu memaksa kita melalui ini. Perpisahan yang (mungkin) tak diharapkan. Bahkan memaksa beberapa pasangan terpaksa menjalani Long Distance Relationship,  termasuk yang baru baru ini jadian. Menyalahkan keadaan? Ah, tak mungkin rasanya. Toh dari dulu, kita sama sama mengerti, saat ini pasti terjadi. Selamat berjuang! Terlebih perjuangan kalian jauuh lebih berat dari kami di Surabaya. Selalu ada kisah yang dapat dibagi dalam setiap temu. Selalu ada kenangan yang dapat diingat ketika rindu. (dan) Semoga, selalu ada cerita baru ketika kelak kita bertemu. See you when I see you!
image

I’ll miss you, more than I love you ♡

6 Juni 2015,
diiringi linangan air mata,
dalam perjalanan Sangatta – Bontang,
Study Excursion K52

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s